ARSITEKTUR KLASIK YUNANI KUNO - Parthenon


Parthenon adalah sebuah arsitektur klasik Yunani lainnya. Parthenon disebut sebagai bangunan klasik Yunani yang paling penting yang masih bertahan sampai saat ini. Parthenon merupakan kuil yang dipersembahkan kepada Athena, yang adalah dewi yang menjadi patron orang-orang Athena. Arsitektur ini berada di Akropolis. Parthenon dibangun ketika Kerajaan Athena berada pada puncak kejayaannya (477 SM). Exterior Parthenon selesai pada 438 SM, dan selesai didekorasi pada tahun 432 SM. 



Sebenarnya Parthenon ini merupakan pengganti dari Kuil Athena yang hancur ketika Kerajaan Persia menginvasi Athena pada tahun 480 SM. Selain sebagai pengganti, Parthenon juga dibangun sebagai ungkapan terima kasih atas keselamatan yang diberikan oleh Dewi Athena terhadap serangan dari Kerajaan Persia.
Pada abad VI akhir, kuil ini didedikasikan bagi Perawan Maria dan beralih fungsi menjadi gereja. Setelah Ottoman menguasai Athena pada tahun 1460’an, maka Parthenon dialih fungsi menjadi mesjid. Pada 26 Desember 1687, ledakan terjadi di dalam Parthenon karena serangan bom dari Venezia sehingga arsitektur yang megah ini mengalami kerusakan yang parah. Jadi, secara religius Parthenon ini telah digunakan sebagai alat ibadah oleh tiga agama yang berbeda: Yunani Kuno, Kristen, dan Islam.
Parthenon bukanlah kuil terbesar, namun kelebihan dari arsitektur ini adalah akumulasi dari kualitas estetika dan filsafat Yunani: idealisme cara hidup, perhatian yang begitu detail, pengertian matematis yang menjelaskan keharmonisan alam. Presisi dari Parthenon ini merupakan sebuah perolehan yang tidak bisa tertandingi oleh bangunan apapun, bahkan sampai sekarang ini. Hal ini yang membedakan bangunan Yunani seperti Parthenon dibandingkan bangunan-bangunan dari kebudayaan lainnya.
Selain tanda dari estetika yang tinggi, Parthenon juga merupakan lambang dari demokrasi Athena. Orang-orang Athena percaya bahwa mereka berbeda dari barbar karena mereka hidup dengan demokrasi. Parthenon adalah salah satu tempat dimana mereka mempraktikkan demokrasi. Di sana setiap suara individu dianggap menjadi suara yang penting yang harus didengarkan dan dipertimbangkan.
Aristektur ini merupakan salah satu arsitektur dunia yang menarik begitu banyak turis dari seluruh dunia. Mungkin bagi kita yang suka berkeliling dunia, maka silahkan pertimbangkan aristektur ini untuk menjadi sasaran kunjungan selanjutnya.


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete