ARSITEKTUR KLASIK YUNANI KUNO - Teater Epidaurus

Teater Yunani Kuno Epidaurus. Tidak diragukan lagi, arsitektur yang satu ini merupakan Teater peninggalan Yunani Kuno terbaik secara kondisi, akustik, dan kesimetrisannya. Teater ini dibuat sekitar abad IV SM di Epidaurus, desa kecil di sekitar Korintus. Teater ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat seni tetapi juga berfungsi sebagai tempat ibadah untuk menyembah dewa kesembuhan, Asklepios. Arsitek dari bangunan ini adalah Polykleitos muda, seorang arsitek dan pemahat ternama dari kota Argos. 

Kehebatan akustik teater ini terbukti karena ketika seorang aktor atau penyanyi mengeluarkan suara, maka seluruh pendengar, sekitar 15.000 dari depan sampai belakang mendengar dengan jelas suara tersebut. Karena itu, meskipun teater milik Romawi lebih besar dan megah, tetap saja tidak bisa menandingi keindahan dan kesempurnaan akustik dari teater Epidaurus ini. Menurut Profesor Arkeologi S. E. E. Lakovidis suara terkecil dari hembusan nafas atau koyakan kertas dapat didengar sama jelasnya dari kursi paling depan sampai kursi paling belakang. 

Teater ini telah tertimbun begitu lama di tengah hutan pohon zaitun di atas sebuah bukit. Teater ini ditemukan kembali oleh seorang arkolog, Panagis Kavadias, pada abad 19. Setelah dia membaca catatan Pausanian, seorang pengembara dan ahli geografi asal Yunani, yang hidup pada abad II M, Panagis percaya bahwa di bukit tersebut menyimpan sebuah rahasia yang besar dan jikalau dia menggali bukit tersebut pasti dia akan menemukan sebuah teater yang luar biasa yang diceritakan oleh Pausanian tersebut. Keberanian dan rasa percaya diri  tersebut terbukti ketika dia menemukan Teater Epidaurus tersebut pada musim spring 1881 setelah bekerja keras selama 6 tahun. 


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete