ARSITEKTUR KLASIK YUNANI KUNO - Temple of Zeus

Kuil Zeus. Kuil Zeus adalah sebuah arsitektur religius yang direncanakan sebagai sebuah bangunan ibadah yang terbesar pada zamannya yang melebihi Heraion of Samos and Kuil Artemis di Ephesus. Kuil ini dipersembahkan kepada Dewa Olympian terbesar, Zeus. Pembangunan kuil ini direncanakan oleh penguasa Athena: Hippias dan Hipparchos pada tahun 520 SM. Namun bangunan tersebut tidak terselesaikan sampai pada pemerintahan Kekaisaran Romawi karena para penguasa Athena digulingkan pada tahun 510. Pembangunan kuil ini dimulai pada abad VI SM tetapi selesai pada abad II M. Setelah arsitektur ini selesai, arsitektur ini menjadi kuil terbesar di wilayah Yunani.

Pada masa demokrasi di Athena, bangunan ini tetap tidak diselesaikan kemungkinan karena bagi orang-orang Athena bahwa bangunan tersebut di dalam skala yang begitu besar merupakan bangunan yang melambangkan kesombongan para penguasa. Kemungkinan ini semakin dipertegas dengan tulisan Aristotle yang berjudul: Politics. Di sana Aristotle mengatakan bahwa kuil tersebut merupakan salah satu contoh bagaimana penguasa berusaha untuk mengekang rakyat dengan menggunakan pekerjaan yang begitu luar biasa sehingga membuat mereka tidak memiliki waktu, tenaga, dan alat untuk memberontak.

Pembangunan Kuil Zeus kembali dimulai sampai pada masa Antiokhus IV Epiphanes yang mengklaim dirinya sebagai Zeus yang hidup yang ada di dalam dunia. Antiokhus memanggil arsitektur Romawi  Decimus Cossutius sebagai pemimpin proyek pembangunan kuil Zeus tersebut. Namun pembangunan aristektur ini terhenti kembali ketika Antiokhus meninggal dunia pada tahun 164 SM. Kerusakan parah terjadi ketika salah satu Jendral Romawi, Lucius melakukan invasi ke Athena dan menjarah kota, termasuk Kuil Zeus. Beberapa bagian yang belum selesai, seperti tiang dari kuil ini diambil dan dibawa ke Roma untuk menjadi bahan membangun kuil Jupiter di bukit Capitoline. Ketika Augustus menjadi kaisar Romawi, maka kuil ini kembali dibangun namun dengan setengah hati sampai Hadrian bertahta pada abad II barulah bangunan ini terselesaikan.


Bentuk Kuil Zeus yang direkonstruksi:





Namun kemegahan bangunan ini hancur beserta bangunannya ketika orang-orang Barbar mengadakan invasi ke wilayah Yunani. Setelah invasi tersebut, bangunan ini tidak pernah diperbaiki dan semakin hancur waktu demi waktu. Kuil ini sekarang terlihat hanya sebagai sebuah bangunan yang berfondasi dan di atasnya berdiri beberapa pilar yang sudah mengalami kerusakan yang parah.


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment