ARSITEKTUR KLASIK - YUNANI KUNO: Erechtheion

Erechtheion adalah kuil kuno yang berada di sisi Utara, Arkopolis, Yunani. Tanah dimana Erechtheion ini didirikan dianggap sebagai tempat yang paling suci dari seluruh wilayah Akropolis. Meskipun didedikasikan kepada banyak dewa dan pahlawan, namun kuil ini terutama didedikasikan kepada Athena dan Poseidon. Bagian timur dari kuil ini didedikasikan untuk dewi Athena; bagian barat didedikasikan bagi pahlawan lokal seperti Boutes, Hephaistos, para dewa, dan pahlawan lainnya.

Kuil ini dibangun sekitar tahun 400’an SM. Nama kuil ini diambil dari nama pahlawan Athena, Erichthonius yang adalah pemimpin Athena di permulaan, yang dipercaya lahir dari tanah dan dibesarkan oleh dewi Athena. Arsitek dari Erechtheion adalah Phidias yang mendapatkan predikat sebagai pemahat terbesar di zaman Yunani Klasik. Bangunan ini dibangun pada masa-masa peperangan Athena. Di dalam peperangan tersebut Athena berkali-kali mengalami kekalahan, mengalami pemberontakan yang bertubi-tubi, sistem demokrasi yang beralih menjadi obligarki. Setelah bangunan ini selesai, tiga tahun kemudian Athena dikuasai oleh Spartan. Jadi, kuil ini merupakan saksi bisu dari kejadian-kejadian dramatis yang dialami oleh Athena.

Erechtheion adalah sebuah gambaran kematangan kebudayaan Athena, khususnya dalam bidang seni. Bangunan ini adalah bangunan yang begitu kompleks yang mengakomodasi tanah yang tidak rata dan dibuat dari marmer yang berasal dari gunung Pentelicus. Erechtheion memiliki dua serambi. Atap serambi utara ditopang oleh enam pilar dimana di lantainya, orang-orang Athena menandai bekas petir yang dikirim oleh Zeus untuk membunuh raja legendaris dari Athena: Erectheus. Pada serambi timur, yang mana merupakan bagian yang paling terkenal, atapnya ditopang oleh enam tiang berbentuk gadis yang dinamai Caryatids. Dibawahnya terletak kuburan dari raja legendaris lainnya: Kekrops.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete